Hi Bunda Ini Resep Kue Brownies Kering Cocok untuk Sajian Lebaran

Pada dasarnya kue yang biasa Anda jumpai dibedakan kategorinya menjadi dua kategori, yakni kue basah dan kue kering. Anda bisa merabanya berdasarkan kadar air yang digunakan pada saat membuat kue tersebut. Nah, khususnya nih buat Anda yang tinggal di Indonesia, beberapa bulan lagi akan jadi puncaknya kita bakal dimanjakan oleh beragam jenis dari dua kategori kue tersebut.

Apabila jika datang bulan puasa biasanya lidah Anda akan dimanjakan dengan beragam kue basah yang sangat lembut ketika Anda hendak berbuka puasa, sebab selain buah korma, lembutnya kue basah ternyata juga cukup enak sekali apabila dimikmati setelah Anda berpuasa selama seharian dengan segelas teh manis atau pun jeruk hangat. Jadi pada saat sholat magrib pun tiba Anda tak akan ada alasan kekenyangan lagi sebab Anda berbuka secukupnya dengan kue basah dan teh manis. Baru deh Anda bisa lanjut makan nasi setelah kewajiban sholat magrib selesai Anda tunaikan.

Beda halnya dengan saat hari raya Idul Fitri tiba, lidah Anda pastinya akan dimanjakan dengan beragam kreasi kue kering yang disajikan di meja – meja tamu, memiliki bentuk serta varian yaang lucu juga unik, sehingga membuat Anda tak pernah rela apabila ketinggalan menikmati kue kering yang telah disajikan tersebut. Kue kering nanti akan terasa lebih nikmat lagi apabila dinikmati dengan minuman favorit, misalnya saja es teh manis, sirup, atau pun minuman lainnya. Yang pasti kue kering lebaran ini salah satu teman yang paling asyik dn menyenangkan, bahkan tak boleh sampai ketinggalan saat berkumpul bersama keluarga tercinta.

Nah, pada kesempatan yang baik kali ini kami akan mencoba membagikan kepada Anda resep yang pasti tak kalah enaknya seperti resep kue kering yang biasanya Anda nikmati, yakni kue brownies kering. Meskipun menggunakan bahan – bahan yang sangat sederhana, tetapi kue brownies kering tersebut ternyata memiliki citra rasa yang enak dan lezat. Buat Anda yang tertarik dan penasaran akan rasa yang dihadirkan oleh kue brownies ini, silakan simak dan praktekan resep yang kami bagikan di bawah ini.

Baca Juga :  11 Wisata Kuliner di Balikpapan yang Lezat dan Wajib Dikunjungi

Resep Kue Brownies Kering Cocok untuk Sajian Lebaran

Bahan – bahan yang dibutuhkan

  • 300 gram tepung terigu
  • 250 gram dark cokelat
  • 150 gram margarine
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 3 butir telur ayam
  • ¼ kg gula pasir atau gula halus
  • 1 sendok teh baking powder
  • Kacang tanah secukupnya, disangrai lalu dihancurkan kasar
  • Vanili bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat kue brownies kering

  • Langkah pertama membuat kue brownies kering untuk sajian lebaran yang harus Anda lakukan adalah melelehkan dark cokelatnya terlebih dulu. Jika sudah, silakan dinginkan dan sisihkan.
  • Apabila dark cokelat yang sudah dilelehkan dingin, Anda bisa mencampurkannya dengan margarine, garam, dan vanila bubuk. Jika sudah kocok sampai mengembang, kemudian sisihkan terlebih dulu.
  • Lanjutkan dengan mengocok telur bersama gula pasirnya sampai benar – benar larut di tempat maupun wadah lain dan sampai setengah mengembang. Jika sudah masukan tepung terigu bersama baking powder dan cokelat bubuk sedikit demi sedikit supaya tidak menggumpal. Aduk – aduk sampai bahannya tercampur rata.
  • Langkah berikutnya adalah memasukan adonan cokelat yang pertama ke dalam adonan yang kedua, kemudian campurkan dan aduk – aduk sampai rata.
  • Masukan pada loyang cetakan yang sudah diberi olesan margarine, kemudian taburi dengan kacang tanah yang sudah dihancurkan kasar tadi, panggang kue browniesnya hingga setengah matang dengan suhu sekitar 150 derajat celcius selama 10 menit.
  • Jika sudah, angkat kue browniesnya lalu potong – potong sesuai selera, kemudian dinginkan.
  • Panggang kembali kue browniesnya hingga matang sempurna kurang lebih selama 15 menit. Angkat kembali kemudian dinginkan.
  • Terakhir, Anda bisa menambahkan varian di atas kue brownies yang sudah dibuat tersebut agar kue Anda terlihat lebih cantik sebelum akhirnya dihidangkan.
Baca Juga :  Resep Kue Bawang Renyah Cocok untuk Penuhi Toples Lebaran, Dijual juga Oke!

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang resep kue brownies kering cocok untuk sajian lebaran. Semoga bermanfaat.

Check Also

Maknyuss.. Ini Resep Ayam Geprek yang Enak dan Lezat

Anda pasti sudah tak asing lagi apabila  mendengar nama makanan yang satu ini yaitu ayam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *